Busana blus | penyesuaian pada bagian lengan dan krah

Masih melanjutkan melanjutkan materi tentang blus, kali ini adalah penyesuaian pada bagian lengan dan kerah. Untuk materi sebelumnya, klik disini.

Setelah bagian badan dan leher sudah disesuaikan, selanjutnya adalah membuat penyesuaian pada bagian lengan baju dan kerah. Simak penjelasannya di bawah ini.



Penyesuaian pada lengan baju.

Saat mengatur lengan baju, periksa apakah panjang dan lebar lengannya proporsional dengan bagian-bagian busana blus lainnya. Angkat tangan Anda. Bisakah Anda menggerakkannya tanpa bagian lengan tertarik? Apakah tadinya Anda mengambil banyak kampuh di bawah lengan?

Menarik kerutan pada lubang lengan

Jika lubang lengan terlalu tertekuk ke dalam, hal itu menyebabkan kerutan. Jangan lepaskan bagian yang tertarik, sesuaikan kurva dan beri jarum pin.


Kerutan pada bagian atas lengan baju

jika panjang lengan tidak cukup panjang, kerutan muncul ke arah lipatan tengah. Bongkar jahitan jelujur bagian atas, tarik sedikit dan beri jarum pin.


Lengan bagian bawah tertarik.

biarkan jahitan jeluur pada setengah bagian atas lengan tetap menempel, bongkar jelujur bagian bawah dan angkat lengan Anda. Tarik sedikit dan beri jarum pin.


Kerutan yang menggantung pada bagian depan lengan.

jika bagian tengah lengan terlalu ke depan,akan muncul kerutan yang terlihat melorot muncul di bagian depan lengan, menyebabkan ujung lengan mendorong bagian depan lengan Anda saat berada di belakang. Jika hal ini terjadi, bongkar jelujur lubang lengan, geser posisi bagian atas lipatan tengah ke belakang, seperti yang ditunjukkan tanda panah , kemudian beri jarum pin.


Kerutan menggantung pada lengan belakang.

jika lipatan tengah lengan diletakkan terlalu ke belakang , kerutan akan muncul di bagian belakang lengan, menyebabkan ujung lengan mendorong bagian belakang lengan Anda saat berada di depan. Bongkar jelujur lubang lengan, geser posisi bagian atas pusat lipat ke depan, seperti ditunjukkan tanda panah, dan beri jarum pin, jika kerataan sudah didapatkan.


Penyesuaian kerah

Kerah terlalu tegak

ketika garis leher terlalu dalam, akan membuat kerah terlalu tegak di leher Anda. potong dari garis tepi ke leher, tempelkan sepotong kain yang terpisah di bawah garis miring dan beri jarum pin untuk membuat kerah tetap dalam bentuk yang tepat. Saat menyesuaikan pola, ulangi ini, lalu buat kerah dengan kain asli.


Kerah terlalu datar

ini bertentangan dengan yang sebelumnya. Selipkan garis kerah dengan jarum pin sehingga kerah akan tetap dalam bentuk yang tepat. Saat menyesuaikan pola, ulangi ini, lalu buat kerah dengan kain asli.


Kerah dengan lipatan yang tidak rata

Jika kurva garis leher korset terlalu dalam atau ketika kurva depan kerah tidak bertemu dengan garis leher depan, lipatan kerah menjadi tidak rata dan berkerut. Dalam kasus seperti itu, angkat kerah dan lepaskan bagian yang menarik. Sesuaikan baik garis leher pada badan atau lekukan kerah, dan tusuk dengan jarum pin.


Penanganan setelah penyesuaian.

saat menyelesaikan penyesuaian, lepas blus yang dipakai. Tandai posisi pertemuan di bagian badan dan lengan, lepaskan bagian lengan dari bagian badan. Buat jahitan tangan sebagai tanda dengan hati-hati di sepanjang lubang lengan pada bagian badan dan lengan kemudian lepas jarum pin.
Jika kerah, garis bahu atau garis samping sudah sesuai, buat jahitan jelujur sebagai garis tanda dan tandai posisi pertemuan untuk menjahit nanti.
Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperbaiki pada saat menyesuaikan bagian lengan dan kerah blus. Untuk materi selanjutnya adalah tentang langkah langkah menjahit blus.

Jangan lupa bookmark,subscribe dan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Busana blus | penyesuaian pada bagian lengan dan krah"

Post a Comment