Busana blouse | penyesuaian pada bagian badan dan leher

Melanjutkan posting sebelumnya tentang cara melakukan fitting atau pengepasan pada blus, tahap selanjutnya dalam pembuatan busana blus adalah proses penyesuaian.

Persiapan untuk penyesuaian.

Pakai pakaian yang tipis atau yang dipakai saat pengukuran. kemudian, cobalah pakai busana blus yang sudah dijahit jelujur. Jangan lupa untuk memakainya bersama dengan rok untuk tampilan lengkap. Lihat menggunakan cermin panjang, dan periksa keseimbangan siluetnya. Penyesuaian awal ini sangat diperlukan

.
Penyesuaian pada bagian badan.

Periksa apakah bagian badan cocok dengan tubuh Anda, periksa bagaimana lipatan bahu dan jahitan samping , umumnya seimbang, dll. Di bawah ini adalah 13 langkah penyesuaian berdasarkan bentuk tubuh kita.

1.Pundak atau Bahu persegi.


Biasanya baju terlihat tertarik dan melipat di bahu belakang. Bongkar jahitan jelujur pada bagian pundak, tarik keluar dari titik bahu seperti terlihat pada gambar, seimbangkan antara bagian depan dan belakang dengan hati-hati, lalu beri jarum pin. Jika ada kerutan kecil di leher, mungkin karena terlalu banyak kelonggaran jahitan, maka potong kelebihannya. Atau leher membengkok ke belakang, maka buat lagi bagian leher lebih dalam di bagian tengah.

2.Bahu yang miring.


Ini terkulai di sepanjang garis armhole, karena tingkat kemiringan blusnya tidak cukup. Bongkar jahitan jelujur pada pundak, dan tandai dengan jarum pin , untuk menghilangkan kerutan, tetapi tidak membuat kerung lengan baju menjadi ketat.

3.Belikat yang lebar.


Bagian bahu tertarik ke atas, sementara kerung lengan belakang mengendur. Bongkar jahitan jelujur pada bahu, Lebarkan lagi kupnat pada bahu dan jahit lagi. Tarik keluar dari garis bahu dan buat lagi garis kerung lengan.

4. Payudara yang tinggi.


Jika kerutan yang menarik sedikit, lepaskan bahu, seperti pada sketsa A, dan geser bahu depan ke arah garis leher. Bongkar jahitan jelujur pada bagian sisi badan, seperti dalam sketsa B, Lebarkan kupnat dan selesaikan badan depan. Sesuaikan panjangnya pada bagian hem.

5. Payudara yang rata.


Blouse terlihat itu terkulai di bagian payudara. Lipat kelebihan yang terkulai, kasih jarum pin dan jahit supaya terlihat seimbang. Ubah pola dengan cara yang sama.

6.Punggung rata.


Terlihat terkulai di bagian tengah belakang. Lipat kelebihannya, selipkan jarum pin. Ubah pola dengan cara yang sama. Jika lengan baju terlihat menyempit, lebarkan kerung lengan di bagian ketiak. Atur kembali sisi-sisinya dengan rapi.

7.Punggung lebar.


Jika blus memiliki punggung terlalu sempit, atau jika lengan baju terlalu dalam, berarti itu tertarik di bagian lengan baju. Bongkar jahitan dan ambil bagian lengan dan tambahkan lebar di kerung lengan belakang, kemudian jahit kembali.

8.Dada lebar


Jika blus tidak cukup pada payudara, berarti tertarik di bagian ketiak. Bongkar pada bagian sisi badan. Jika, bagian payudara masih tertarik, itu karena terlalu banyak kelonggaran pada kampuh jahitan lengan baju.

9.Punggung membungkuk.


Pada bagian leher belakang tertarik ke bawah karena punggung yang membungkuk. Bongkar jahitan leher dan pundak, Lebarkan kerung leher dan kupnat pada bahu belakang..

10.Leher yang agak bengkok.


Leher depan terlihat tertarik dan bagian punggung melorot. Tarik bagian badan depan ke bawah dan bagian badan belakang di naikkan sedikit, lalu geser garis bahu pada posisi yang tepat.

11.Leher samping yang tinggi.


Mereka mengikuti kerutan di bahu. Bongkar jahitan bahu, dan tarik keluar dari titik leher dan garis leher belakang seperti yang ditunjukkan tanda panah.

12.Tulang selangka tinggi.


Ini menarik di tengah leher, menyebabkan kerutan. Bongkar jahitan pada bahu, dan geser bagian badan depan ke arah garis leher.

13.Payudara penuh.


Lipatan parsial muncul di sepanjang bagian yang diangkat. Jika hanya sedikit, bongkar jahitan bahu, geser badan depan ke arah garis leher dengan mengatur lajur kain yang benar. Sesuaikan dengan menarik keluar dari garis bahu. Jika bagian depan terlalu pendek, geser bahu ke atas.

Langkah-langkah penyesuaian di atas dapat kita pakai sebagai acuan atau panduan untuk mencari kesesuaian blus dengan mengikuti bentuk badan pemakai. Dan ini bukan menjadi keharusan, karena metode penyesuaian mengikuti pemahaman kita tentang blus itu sendiri. Jadi, jangan takut untuk berkreasi dan mencari alternatif lain untuk menciptakan blus yang sempurna. Selamat berkarya.

Baca juga :

0 Response to "Busana blouse | penyesuaian pada bagian badan dan leher"

Post a Comment