Cara memotong kain untuk busana blouse

Melanjutkan teori tentang busana blouse, kali ini akan kita bahas tentang bagaimana cara memotong kain untuk busana blouse. Bagi Anda yang ingin tahu tentang cara membuat pola blouse silahkan lihat artikel Cara Membuat Pola Blouse Wanita

Pada artikel sebelumnya kita sudah pelajari tentang bagimana cara membuat pola blouse. Setelah kita pahami dan praktekkan maka selanjutnya adalah melakukan pemotongan bahan untuk blouse, sebelum kita jahit nanti.

Untuk tahap pemotongan kain ini, kita harus perhatikan dengan seksama berapa ukuran kain yang kita butuhkan untuk membuat busana blouse yang kita inginkan. Masing-masing pola menghasilkan ukuran badan seseorang. Dan tentunya tidak semua orang memiliki ukuran yang sama, sehingga tentunya kebutuhan kain tentu berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. 


Beberapa persiapan sebelum memotong kain :

1. Siapkan pola blouse yang sudah jadi. Bisa dari kertas karton atau kertas lain.
2. Siapkan meja untuk memotong kain. Atau kalau tidak ada bisa dilakukan di lantai, yang penting tempatnya rata.
3. Usahakan penerangan di tempat kita memotong cukup baik dan terang.

Alat yang digunakan :

1. Gunting kain. Gunakan gunting khusus kain untuk melakukan tahap pemotongan.
2. Rader dan kertas karbon jahit. Kedua alat ini digunakan untuk memindahkan gambar pola dan tanda jahitan  pada kain yang akan dipotong.
3. Jarum pin/jarum pentul. Digunakan untuk menyematkan pola pada kain agar tidak bergeser saat kain akan dipotong.

Cara memotong kain untuk baju blouse :

1. Letakkan kain pada meja potong secara halus dan merata, jangan sampai ada lekukan dan lipatan.
2. Jika ingin hasil yang maksimal, kain bisa disetrika terlebih dahulu agar tidak kusut dan menghilangkan lipatan dan kerutan. 
3. Letakkan pola blouse di atas kain pada posisi membujur terhadap kain dan jarumi dengan jarum pin agar posisinya tidak bergeser.
4. Pemotongan dilakukan dari tepi kain, dan dimulai dari pola terkecil sampai pola yang terbesar.
5. Setelah semua pola sudah terpotong, gunakan rader dan karbon jahit untuk memindahkan gambar pola dan tanda jahitan untuk memudahkan kita dalam proses menjahit.

Supaya lebih jelas, lihat ilustrasi gambar di bawah ini.


Itulah tadi sedikit pengetahuan tentang cara memotong kain untuk busana  blouse. Dengan sering berlatih dan praktek tentu kita akan terbiasa dan terampil dalam melakukan pekerjaan jahit-menjahit busana. 

Semoga bermanfaat.




0 Response to "Cara memotong kain untuk busana blouse"

Post a Comment