Cara membuat pola blus

Fashion itu identik dan didominasi oleh kaum hawa. Betapa tidak, selama ini yang menjadi ikon fashion adalah wanita. Yang jelas, model dan ragam baju yang ada itu lebih banyak dimiliki oleh para wanita.

Jika Anda termasuk orang yang banyak duit, tentunya untuk mengikuti trend fashion itu hal yang sangat mudah dilakukan. Karena, Anda tinggal membeli busana jadi yang Anda inginkan. Berbeda jika kita punya penghasilan yang pas-pasan, maka menjahit baju sendiri adalah salah satu alternatif yang bisa diwujudkan.

Jika Anda termasuk orang yang kreatif, membuat dan menjahit baju sendiri itu akan menjadi hal yang menyenangkan. Dan juga bisa menambah pengalaman kita dalam keterampilan menjahit busana.


Pada posting kali ini, belajarbusana.com ingin membahas tentang cara membuat pola blus wanita dewasa. Blus atau kemeja wanita ini adalah salah satu busana yang sering menjadi trend fashion dimanapun. Blus sendiri sudah sejak lama menjadi salah satu busana yang banyak dipakai oleh para wanita di mana-mana.

Lanjut pada bahasan cara membuat pola blus wanita. Sebelum membuat pola blus  kita harus paham dulu tentang cara pengukuran badan pada wanita dewasa. Setelah itu dari hasil pengukuran dilanjutkan dengan tahap pembuatan pola dasar. Bagi yang belum mengetahui tahap pengukuran badan wanita dewasa bisa dilihat pada artikel :


  1. Ukuran dan cara mengambil ukuran.
  2. Ukuran dan cara mengambil ukuran pada badan wanita (lanjutan).

Dan untuk tahap pembuatan pola dasar badan wanita dewasa bisa dilihat pada artikel :

  1. Membuat pola dasar (busana wanita dewasa) bagian 1
  2. Membuat pola dasar (busana wanita dewasa) bagian 2.
  3. Pola dasar lengan wanita.
  4. Pemindahan lipit kup pada pola dasar.
Setelah memahami cara mengukur dan membuat pola dasar, maka berikutnya adalah membuat pola blus dari pola dasar yang sudah kita buat. Sebenarnya cara membuat pola blus wanita itu prinsipnya sangat sederhana, dari pola dasar yang sudah jadi kita tinggal mengembangkan menjadi bentuk busana blus yang kita inginkan.

Untuk memahami cara membuat pola blus wanita akan saya contohkan pada ilustrasi gambar di bawah ini.

A. Pola dasar.
Pola dasar harus digambar dahulu di kertas karton, kemudian digunting.



B. Pola Blus.
Setelah pola dasar sudah dibuat, berikutnya adalah mengembangkannya menjadi pola blus. Caranya cukup letakkan pola dasar di atas kertas karton lain, kemudian buat gambar polanya seperti contoh di bawah ini.



Setelah pola blus sudah digambar, lanjutkan dengan menggunting gambar pola untuk kemudian nantinya dibuat untuk acuan memotong kain.

Itulah tadi penjelasan tentang cara membuat pola blus , semoga informasi yang sedikit ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita semua.

0 Response to "Cara membuat pola blus "

Post a Comment