Pemindahan lipit kup pada pola dasar

Setiap pola dasar yang baik mempunyai lipit kup yang cukup besar sesuai ukuran bagian buah dada seorang wanita. Berdasarkan pola konstruksi, besar lipit kup pada bahu terjadi karena selisih lingkar badan, lebar muka dan panjang bahu. Wanita dengan perkembangan
bentuk buah dada sesuai dengan perkembangan lingkar badan akan dapat besar lipit kup pada bahu sesuai dengan besar bentuk badannya.

Bila besar badan cukup berkembang, tetapi perkembangan buah dada kurang, besar lipit kup akan kebesaran untuk buah dada yang kurang berkembang. Pada keadaan ini besar lipit kup pada bahu, boleh ditetapkan kira-kira 7 cm.

Pola dasar badan muka dan belakang setelah selesai dibuat, ukuran uji harus diperiksa, sehingga mendapatkan garis bahu yang baru. Waktu menggambar garis bahu yang baru pada badan muka, lipit kup dibahu harus ditutup.

Cara mengukur ukuran uji. 

Pertama, ukur dari tengah muka dipinggang serong ke titik puncak buah dada diteruskan serong ke ujung bahu terendah. Bila angka jarak ini lebih dari ukuran uji pertama, ujung bahu terendah diturunkan, dikurangi antara 1 s/d 2 cm. Kalau harus mengurangi lebih dari 2 cm, berarti ada ukuran yang salah pada saat mengukur.

Kedua, diukur dari tengah belakang pada pinggang langsung serong ke bahu terendah. Setelah garis bahu diperbaiki pola dasar baru boleh dipakai untuk merubah model busana, terutama pemindahan lipit kup pada pola dasar. Untuk memindahkan lipit kup, pola dasar yang garis bahunya sudah diperbaiki dikutip dengan kertas tipis berwarna (doorslag).
Pola dasar dari kertas tipis berwarna digunting dalam jumlah banyak, menurut keperluan model yang ingin dirubah.

Untuk dapat memindahkan lipit kup yang asli pada bahu ditutup dan bila pada model tidak nampak lipit kup di pinggang, lipit kup asli di pinggang turut ditutup dan digunting pada garis lipit kup yang baru.

Pemindahan lipit kup pola dasar dibagi menjadi dua golongan :

I.Pemindahan lipit kup pada tempat-tempat umum, yaitu pada enam tempat sekeliling tepi pola dasar muka, menjadi tujuh dengan tempat aslinya.
  1. Lipit kup jatuh pada bahu menurut pola dasar aslinya.
  2. Lipit kup jatuh pada bagian yang cekung dari lubang lengan.
  3. Lipit kup jatuh di sisi bawah ketiak.
  4. Lipit kup jatuh di sisi dekat pinggang.
  5. Lipit kup jatuh dipinggang, sebagai satu atau dua lipit kup.
  6. Lipit kup jatuh di tengah muka, sebagai kerut-kerut sebagai jahitan bentuk huruf T dan sebaliknya.
  7. Lipit kup jatuh di garis leher sebagai kerut-kerut dan sebagai dua lipit kup.
II. Pemindahan lipit kup pola dasar dalam garis hias.
Garis hias yang berupa jahitan pada desain busana dapat dibagi dalam 4 kelompok , yaitu :
  1. Garis hias pas dada, bila ada di dada dan garis pas bahu, bila dekat bahu.
  2. Garis hias princess, garis potongan vertikal yang jalan lurus dari bahu ke bawah melalui puncak buah dada, atau dari tengah lubang lengan melengkung melalui puncak buah dada terus ke bawah pinggang. Bila potongan garis princess tidak melalui puncak buah dada, umumnya nampak lipit kup kecil dari garis princess menuju ke puncak buah dada.
  3. Garis hias empire, garis potongan melintang di bawah buah dada kurang lebih 8 cm. Umumnya dari garis empire ini ada lipit kup kecil menuju ke puncak buah dada, berupa lipit kup biasa dengan macam-macam variasi arah atau dirancang sebagai kerut-kerut. Supaya garis empire jatuhnya tepat dan pas badan, maka pada sisi garis potongan empire dikurangi 1 cm. Pada pemindahan lipit yang berbentuk kerut-kerut, pada leher, pada pas bahu dan garis empire harus ada perbaikan garis yang akan dikerut. Ada yang dikurangi dan ada yang ditambah supaya jatuhnya kerut-kerut tidak gelembung atau tertarik.
  4. Garis hias bervariasi dari garis hias pas dada atau bahu dengan garis hias princess atau dengan garis hias empire.
Cara memindahkan lipit kup pola dasar kedalam garis hias prinsipnya sama dengan memindahkan pada empat-tempat umum. Lipit kup asli pada bahu ditutup, lipit kup pada pinggang juga ditutup, kalu pada desain tidak nampak lipit kup pada pinggang

Setelah lipit kup asli ditutup bentuk pola dasar menjadi lekum. Pada lekum pola dasar ini garis-garis hias yang ada pada model atau desain digambar menurut perbandingan. Kemudian garis-garis dari model yang telah digambar digunting, sehingga pola menjadi beberapa bagian.

Pada bagian yang tidak dapat diletakkan datar dicari potongan menuju ke puncak buah dada, sehingga semua bagian dari pola dasar yang telah terpisah dapat diletakkan datar pada kain.

PERHATIAN :
Pemindahan lipit kup asli dengan keterangan di atas sudah jelas sekali, bahwa busana wanita perlu ruang buah dada (payudara). Di dalam praktek umumnya pelajar-pelajar dan dan orang yang diserahkan membuat pola untuk busana konveksi mengabaikan, sehingga banyak busana konveksi dipakainya kurang enak, dan bentuk feminin juga kurang diperhatikan.

Untuk gadis remaja dan wanita yang kurus tidak menjadi soal besar, karena mereka punya buah dada yang kecil, bilamana selera mode longgar. Bagi wanita yang mempunyai ukuran buah dada yang besar, pemindahan lipit kup ini sangat penting dan diperlukan, biarpun selera mode longgar. Kelonggaran ini ditambah pada sisi, bila desainnya tidak ada garis hias  atau kerut-kerut, dimana pemindahan lipit kup sembunyi dapat Anda pindahkan lipit kup asli ke garis pinggang, sehingga garis pinggang menjadi naik pada sisi. Pada garis pinggang yang membulat ini dapat dibuat ssaluran karet. Umumnya busana konveksi mengambil cara ini sehingga menjahitnya mudah dan tercipta model busan ALL SIZE , di pinggang pakai karet.

Pola blus yang dipakainya longgar dapat dibuat dengan jalan ini, asal kelonggaran yang ditambah pada sisi jangan kurang dari titik sisi di pinggang pola dasar yang letaknya sudah naik dan jauh miring ke atas.

Tambahan ketiak ditambah sampai dapat garis tegak lurus yang menyentuh titik sisi tersebut dan kerung lengan dapat diperbaiki.

Dengan menghilangkan lipit kup ke pinggang maka pola menjadi datar, garis-garis potongan mudah digambar dan menjahitnya pun mudah untuk konveksi, tetapi duduknya busana tidak mengikuti bentuk kewanitaan. Dengan hasil ini maka kalauorang beli busana konveksi umumnya satu ukuran lebih besar.

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak gambar-gambar di bawah ini.


Itulah tadi penjelasan berkenaan dengan pemindahan lipit kup pada pola dasar busana wanita. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita.



1 Response to "Pemindahan lipit kup pada pola dasar"

  1. Thanks for sharing.. Tertarik untuk mempelajari cara mudah menjahit baju tanpa harus mengikuti kursus jahit?.. Download E-Book menjahit baju dari Fitinline yuk..

    ReplyDelete