Macam - macam celana

              Celana pada umumnya terdiri dari empat bagian, yaitu dua helai bagian muka dan dua helai bagian belakang. Jadi, sisi, tengah muka dan tengah belakang ada kampuh. Cara menjahit celana pada umumnya sama, hanya ada sedikit perbedaan antara satu sistem
dengan sistem yang lainnya. Tetapi macam celana dapat dibedakan menurut namanya, berdasarkan panjang pendek ukuran panjang kaki celana.


1. HOT PANTS . Adalah celana pendek dengan ukuran panjang celana sampai di paha.


2. CELANA BERMUDA. Adalah celana pendek dengan ukuran panjang sampai kurang lebih 10 cm di atas lutut.

3. CELANA YANGKEE. Celana 3/4 panjang, dengan ukuran panjang celana sampai di betis kaki atau sedikit lebih rendah.

4. CELANA SLACK. Celan panjang untuk wanita dengan lubang kaki kecil dengan atau tanpa belahan di sisi atau lubang kaki besar menurut lingkaran telapak kaki ; celana cut-brai dan celana brai-brai mempunyai lubang kaki yang lebih besar dari celana slack biasa.

5. CELANA PANTALON. Adalah celana panjang untuk kaum pria. Celana pendek untuk pria disebut short.


6. CELANA ROK (CULOTTE)/KULOT. Celana dikombinasikan dengan rok. Bila dipakai untuk olahraga disebut culotte. Celana rok ada yang ditambah lipit di tengah muka dan tengah belakang berbentuk lipit hadap, sehingga kampuh tengah muka dan tengah belakang tidak terlihat. Karena dalamnya lipit bentuk kaki celana tertutup sehingga lebih kelihatan seperti rok.

Jenis ukuran untuk semua celana sama dan cara mengukurnya pun juga sama, hanya ada perbedaan dalam  ukuran panjang celana seperti telah diuraikan di atas.

Sedikit tambahan bagi kita yang ingin menambah pengetahuan tentang ragam busana, semoga bisa membawa manfaat.



0 Response to "Macam - macam celana"

Post a Comment