Teknik Bordir Tangan

           Dalam dunia jahit-menjahit kita mengenal adanya teknik bordir, baik yang dilakukan dengan tangan maupun yang dibuat dengan mesin jahit bordir. Teknik bordir sendiri dapat kita definisikan sebagai teknik sulaman yang dibuat di atas media kain dengan menggunakan jarum dan benang. Bordir sendiri bersifat ornamen atau digunakan sebagai
hiasan, sehingga dalam prakteknya bordir tidak hanya menggunakan jarum dan benang saja, namun bisa juga ditambah dan dipadukan dengan aksesoris dari logam, mutiara, plastik, dll. 

Dalam sejarahnya, belum ada informasi pasti, kapan teknik bordir mulai ada, namun secara logika tentunya ketika manusia sudah mulai mengenal pakaian, dan bisa membuatnya, pastinya teknik bordir juga sudah mulai ada dan digunakan. 

Teknik bordir yang pertama kali ada sudah pasti adalah teknik bordir tangan, karena memang awalnya pembuatan pakaian dijahit semua dengan menggunakan tangan, sebelum ditemukannya mesin jahit. Dan menurut saya teknik bordir tangan memiliki hasil yang jauh lebih original, lebih indah, dan memiliki nuansa seni yang otentik. Memang kelemahan dari teknik bordir tangan adalah membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dan ketekunan serta ketelitian yang lebih dari orang yang mengerjakannya, namun hasil akhirnya mempunyai nilai yang tinggi.

Pada artikel kali ini saya mau sharing sedikit tentang teknik bordir tangan yang mungkin beberapa dari rekan-rekan sekalian pernah menggunakan dan mempraktekkannya. Di bawah adalah ilustrasi dari beberapa teknik bordir tangan yang umum digunakan.






Dari ilustrasi di atas , saya berharap dapat dijadikan sebagai media belajar bordir bagi rekan-rekan sekalian. Jadi, bagi Anda sekalian yang tertarik untuk membuat kreasi bordir, bisa dicoba dengan menggunakan beberapa teknik bordir tangan di atas. Mohon maaf jika ilustrasi gambarnya kurang jelas, karena memang file yang saya upload ke blog ini kecil, biar loadingnya tidak berat. Untuk gambar yang lebih jelas bisa rekan-rekan download disini

Dan bagi rekan-rekan yang sudah mahir, boleh sharing disini di kolom comment. Berbagi itu tidak akan mengurangi ilmu yang sudah kita dapatkan, karena dengan berbagi kita akan paham dengan kekurangan kita, sehingga bisa kita gunakan untuk instropeksi diri agar lebih maju. 

Sukses buat semua penjahit Indonesia, jangan pernah bosan untuk belajar dan berkarya.

0 Response to "Teknik Bordir Tangan"

Post a Comment