Wednesday, May 18, 2016

5 Tips cara belajar menjahit bagi pemula

Bagi Anda yang sudah punya niat dan keinginan untuk belajar menjahit maka segera wujudkan dengan tindakan yang nyata. Jangan menunda hal penting yang seharusnya Anda lakukan saat itu juga. Belajar menjahit memang memerlukan banyak hal untuk bisa menguasainya.


Jika saya sebutkan banyak hal, bukan berarti diperlukan banyak duit untuk bisa mulai belajar menjahit. Yang saya maksudkan dengan banyak hal adalah, banyaknya persiapan dari diri kita masing-masing khususnya kesiapan kita secara mental. Memang, persiapan materi menjadi syarat wajib yang harus kita penuhi. Namun, hal ini bukanlah utama.

Sebagai seorang pemula, biasanya kita akan mengalami kebingungan saat melakukan tahap pembelajaran pada waktu awal. Untuk itulah, dalam posting kali ini belajarbusana.com ingin berbagi tips yang mungkin bisa berguna bagi pemula.

Di bawah ini adalah 5 tips cara belajar menjahit bagi pemula yang bisa kita terapkan secara langsung dan tidak memerlukan biaya yang banyak. Tips ini saya tujukan bagi mereka yang ingin belajar menjahit tanpa mengikuti kursus, tetapi saya rasa tips-tips ini juga bisa berguna bagi Anda yang ingin mengikuti kursus menjahit baik offline maupun online.
  1. Jangan malu bertanya. Ada satu peribahasa yang mungkin sering kita dengar "Malu bertanya, sesat di jalan". Peribahasa ini rasanya sangat tepat bagi Anda pemula yang ingin mulai belajar menjahit. Ibarat perjalanan, jika Anda ingin tahu jalan yang benar untuk bisa menguasai keterampilan menjahit, maka bertanyalah! Dengan bertanya menunjukkan kuatnya niat Anda untuk mulai belajar menjahit. Bertanya kepada teman, tetangga, saudara, maupun orangtua, dan akan lebih baik jika bisa bertanya kepada seorang penjahit yang sudah berpengalaman. Anggaplah ini sebagai langkah awal Anda untuk mencapai tujuan.
  2. Jangan malas untuk mencatat. Jika belajar secara otodidak, maka yang Anda andalkan hanyalah diri Anda sendiri. Dan diri manusia itu sarat dengan keterbatasan. Untuk belajar, pastinya melibatkan memori atau ingatan. Maka, untuk menghindari sifat kita yang pelupa, sediakan buku dan ballpoint untuk mencatat informasi apapun tentang menjahit yang bisa kita temukan. Baik informasi secara online maupun offline.
  3. Menabung itu penting. Apa artinya belajar menjahit kalau tidak memiliki peralatan menjahit. Banyak sekali ragam peralatan menjahit busana yang kita butuhkan. Jika kita punya uang banyak, mungkin kita bisa langsung membeli semua peralatan menjahit yang kita butuhkan dan langsung mulai praktek. Jika tidak, maka menabung adalah solusi yang bisa menolong kita.
  4. Praktekkan pelajaran yang didapatkan. Jangan menunggu untuk mulai mempraktekkan pelajaran menjahit yang sudah kita dapatkan. Karena pada dasarnya keterampilan menjahit adalah keterampilan secara teknis yang bisa dikuasai hanya dengan mempraktekkan secara langsung. Misalkan saja, Anda belum memiliki mesin jahit, maka praktekkan saja pelajaran-pelajaran dasar seperti pengukuran atau menggambar pola. Lakukan sesering mungkin sampai kita memahami apa yang kita pelajari.
  5. Kembangkan kreatifitas. Jika sudah menerima pelajaran tentang keterampilan menjahit, maka jangan takut untuk mengembangkannya. Carilah metode Anda sendiri, untuk memudahkan kita memahami teori menjahit baju yang sedang kita pelajari.
Kelima tips di atas adalah 5 hal yang sering saya lakukan. Dan terbukti membantu saya memahami dunia jahit-menjahit dengan baik. Memang, tidak mudah bagi seorang penjahit pemula untuk langsung memahami teknik menjahit baju yang baik, tapi dengan ketekunan, fokus, dan sering praktek akan mampu membawa kita pada hasil. Dan hasil itu sesuai dengan seberapa keras kita belajar dan berusaha.

Selain 5 tips cara belajar menjahit bagi pemula yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa menambahkan pada diri Anda sendiri, jika kiranya ada hal yang bisa membantu Anda untuk mempermudah dalam belajar menjahit. 

Blog belajarbusana.com sengaja saya buat dengan harapan bisa membantu siapa saja yang mencari cara belajar menjahit bagi pemula. Jika Anda menyukai blog saya ini, silahkan pelajari semua materi dalam blog ini mulai dari awal agar Anda memiliki setidaknya, dasar pengetahuan menjahit yang Anda cari selama ini.

Salam buat Anda semua. Selamat belajar !



No comments:

Post a Comment