Tuesday, May 31, 2016

4 Tips cara mudah mengoperasikan mesin jahit

Banyak kalangan pemula yang baru melakukan tahap belajar menjahit selalu kesulitan dalam mengoperasikan mesin jahit. Hal ini wajar sekali, mengingat sebelumnya tidak
pernah pegang mesin jahit sama sekali. Atau sudah pernah tapi cuman pegang doang, wakakakakak......

Sebenarnya menurut saya, mesin jahit itu ga beda jauh sama hape, bedanya cuman sedikit. Kalo hape ada layarnya, kalo mesin jahit ga ada, wakakakakakakakakakakaa.......Sorry, bercanda. maksud saya, setiap alat itu punya fungsinya masing-masing, dari mesin jahit sampai mesin blender punya kegunaan tersendiri. Intinya adalah berusaha memahami cara kerjanya secara dasar dulu, baru belajar mengoperasikan.


Ketika mesin jahit belum diciptakan, pastinya orang jaman dulu menjahit dengan menggunakan tangan, jarum, dan benang. Sehingga pekerjaan menjahit membutuhkan waktu yang lama untuk penyelesaiannya. Jadi, adanya mesin jahit adalah untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan menjahit baju.

Jika Anda sudah bisa melakukan jahitan tangan, maka Anda sudah punya modal dasar untuk belajar menggunakan mesin jahit. Karena mesin jahit sendiri mengambil prinsip dasar dari jahitan tangan.

Untuk detail teknis dari mesin jahit itu sendiri, biasanya sudah disertakan dalam buku panduan bawaan dari pabrik tempat membuatnya. Tinggal kita pelajari dan praktekkan instruksi dari buku panduan tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing 4 tips cara mudah belajar mengoperasikan mesin jahit bagi Anda yang baru melakukan kegiatan belajar menjahit. Silahkan disimak ya..

  1. Kenali mesin jahit Anda. Caranya adalah dengan membaca buku panduan pemilik, bisa juga bertanya kepada teknisi mesin jahit dimana Anda membelinya. Jika mesin jahit yang Anda beli second-hand, maka Anda harus mencari informasi pada seseorang yang tahu dan paham tentang mesin jahit secara teknis. Bisa dari penjahit kenalan Anda, teman, ataupun browsing di internet. 
  2. Mencoba mengoperasikan mesin jahit. Jika sudah mempelajari buku panduan maupun informasi dari teknisi, saatnya bagi Anda mencoba mengoperasikan. Mulai dari memasang benang, sekoci, mengnjak pedal mesin jahit, dan cara pengoperasian dasar yang lain. Jangan terburu-buru untuk langsung praktek menjahit dengan kain, usahakan Anda paham betul cara mengoperasikan dulu.
  3. Mengoperasikan mesin jahit menggunakan bahan atau kain. Ketika sudah paham pengoperasian dasar dari mesin jahit Anda, maka selanjutnya bisa dicoba untuk menjahit kain. Ambil kain perca dengan ukuran terserah Anda, coba jahit menggunakan mesin jahit. Jahit secara acak dulu, untuk belajar kontrol dan memahami jalannya mesin jahit. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai Anda bisa kontrol dan paham jalannya mesin jahit.
  4. Masih dengan kain perca, buatlah jahitan lurus, serong, kurva, dan lingkaran. Ini untuk membiasakan Anda ketika sudah mulai menjahit baju.
Keempat tips di atas adalah metode yang saya lakukan ketika kursus menjahit dulu. Dan cara ini terbukti berhasil pada saya. Jika Anda sudah memiliki mesin jahit, berarti Anda sudah siap untuk menjadi seorang penjahit sesuai keinginan Anda, tinggal sekarang adalah melakukan praktek, praktek, dan praktek terus sampai Anda paham dan bisa.

No comments:

Post a Comment