Saturday, May 28, 2016

3 Mesin jahit portable untuk menjahit tebal

Salah satu yang banyak dikeluhkan oleh para penjahit yang sudah berpengalaman adalah ketika mesin jahit yang dipakai gagal untuk menjahit berlapis dan tebal. Hal ini seringkali terjadi juga pada para penjahit pemula seperti saya. 


Ketika hendak menjahit celana berbahan drill, ternyata mesin jahit hitam yang saya pakai selalu mengecewakan saya. Demi mencari solusi maka sayapun bertanya kepada teman-teman penjahit yang sudah pengalaman, dan rata-rata dari mereka menyarankan untuk membeli mesin jahit besar saja. Mesin jahit besar yang dimaksud adalah mesin jahit industrial yang banyak dipakai di garmen-garmen.

Namun, ketika saya tahu bahwa mesin jahit besar itu harganya relatif mahal, saya urungkan niat saya untuk membeli. Setahu saya, mesin jahit industrial masih di kisaran harga 4 juta ke atas. Kemudian ada salah satu rekan penjahit yang menyarankan untuk membeli mesin jahit portable saja. Katanya sih fiturnya banyak, kecepatannya udah semi high-speed, daya listrik kecil, dan yang terpenting mampu untuk menjahit tebal.

Oleh sebab itu, artikel saya kali ini ingin sedikit sharing tentang mesin jahit portable yang bisa digunakan untuk menjahit tebal. Di bawah ini adalah 3 mesin jahit portable untuk menjahit tebal, referensi dari rekan-rekan penjahit saya.

1. SINGER (USA) Tipe : Heavy Duty Series 4423.
 Mesin jahit portable dengan daya listrik hanya 90 watt tapi punya tenaga yang kuat. Membawa dimensi kemudahan baru untuk menjahit . Dengan frame/rangka heavy duty metal, bedplate terbuat dari bahan stainless, motor yang sangat kuat dan ekstra cepat, memungkinkan anda untuk menjahit bahan apapun yang anda inginkan, cocok digunakan untuk menjahit bahan-bahan tebal seperti denim, semi kulit, dll

Spesifikasi :
 23 pola jahitan, 1 Langkah pelubang kancing,  Sistem bobbin atas,  Pemutar bobbin otomatis,  Pemasang benang otomatis,  1.100 jahitan per menit,  Lampu LED built in,  Ada pemutus benang,  Sistem Drop Feed (gigi bisa diturunkan) untuk quilting,  Ada pengatur panjang jahitan (stitch length),  Ada pengatur lebar jahitan (stitch width),  Ada pengatur posisi jarum,  Tombol jahitan mundur,  Frame / rangka mesin kuat (heavy duty).

Harga di kisaran 3 jutaan.

2. JUKI portable HZL 27Z heavy duty.
Mesin Jahit Juki hzl 27z adalah mesin jahit portable multifungsi yang cocok digunakan untuk rumah tangga/boutique. Dengan 25 pola jahitan, karya busana Anda akan sangat beragam. Sesuai dipakai oleh penjahit pemula maupun mahir.

Dengan Lampu LED untuk penerangan saat menjahit lebih terang dan hemat listrik. Tersedia pemutus benang. Pilih pola dengan sistem selector. Dogfeed lebih besar :Gerigi Besi Untuk Menjalankan / Menarik Bahan Saat Menjahit Pada Bed Cover dan Dapat menjahit dari Bahan Tipis Langsung Kebahan Tebal. 

Free arm portable : Memudahkan saat menjahit ujung celana dan ujung lengan. Kail benang :memasukan benang kelubang jarum otomatis. Dengan fitur ini anda dapat sangat mudah memasukan ujung benang kelubang jarum tanpa kesulitan.
Finger Guard : Fitur Keselamatan Pelindung Jari.
Tersedia 5 pola bordiran : Bentuk Layang – Layang. Bentuk Segitiga. Bentuk Kotak – Kotak. Bentuk Bulan Sabit. Bordir Bebas.
* 20 monostitch : Jahit lurus. Semi obras & semi neci. Zig – zag. Lubang kancing otomatis 4 langkah. Sum dll seluruhnya ada 25 pola jahitan.

Bisa menjahit berbagai macam bahan dan segala jenis ketebalan. Bahan maximal terpal marinir, bed cover, minimal sifon,licra. Sparepartnya mudah dicari/umum. Daya listrik yang dipakai hanya 60 Watt, lebih hemat listrik. Garansi 1 tahun servis dan sparepart. Lebih Ringan Untuk Dibawa (8 kg). Harga di kisaran 2,5 s/d 3 jutaan.

3. Janome Mesin Jahit CT2480LX
Mesin jahit portable dengan design menawan, dirancang untuk kita yang hobi menjahit. Mesin Jahit Elektronik dengan banyak fitur yang menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Bodi dasar terbuat dari frame alumunium yang menjamin ketahanan sehingga mesin jahit lebih kuat dan awet. Mampu untuk menjahit bahan tebal. Kisaran harga 3 jutaan.

Spesifikasi :
  1. Mempunyai 25 Macam Jahitan
  2. Satu Langkah Lubang Kancing
  3. Pemasuk Benang Kemata Jarum Auto
  4. Lebar Zig-Zag 5Mm Bisa Di Atur Sesuai Keinginan
  5. Suara Mesin Lebih Halus
  6. Bisa Jahit Bahan Kaos Dan Jeans
  7. Drop Feed Dog Untuk Semi Bordir
  8. Tiang Benang Bisa Naik Turun
  9. Feston Miring
  10. Ada Hard Cover
  11. Cocok Untuk Pemula Dan Mahir
  12. Bisa Semi Obras
  13. Bisa Semi Bordir Manual
  14. Bisa Quilting Dan Patchwork
  15. Spare-Part Ready Dan Umum
Itulah tadi 3 mesin jahit portable untuk menjahit tebal, yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi Anda yang akan membeli mesin jahit baru. Kalau dilihat dari review di atas, salah satu kriteria yang bisa dijadikan acuan untuk memilih mesin jahit portable yang mampu digunakan untuk menjahit bahan tebal adalah kriteria heavy duty. Jadi, silahkan pilih mesin jahit portable yang mana dan selamat menjahit.

No comments:

Post a Comment