Monday, April 4, 2016

Alat pembuat lobang kancing

Untuk artikel kali ini belajar busana akan menginformasikan satu kelengkapan menjahit yang sangat penting dan sering sekali dibutuhkan. Alat ini disebut alat pembuat lubang kancing, jangan salah ya. Bukan sepatu lubang kancing lho!


Banyak penjahit salah mengartikan, antara alat pembuat lubang kancing dan sepatu lubang kancing. Dari fungsi utamanya memang sama, yaitu untuk membuat lubang kancing pada kemeja, blus, celana, jas, dan lain-lain. Bedanya adalah sepatu lubang kancing adalah kelengkapan sepatu mesin yang digunakan untuk membuat lubang kancing pada mesin jahit portable, yang memang pada dasarnya mesin portable sendiri sudah dilengkapi dengan fitur untuk membuat lubang kancing.

Beda lagi dengan alat pembuat lubang kancing. Alat ini adalah merupakan alat tambahan yang dipasang pada tangkai sepatu mesin jahit model lama, atau klasik, biasanya dipasang pada mesin jahit hitam yang aslinya hanya bisa dipakai untuk menjahit jahitan biasa saja.

Alat ini memang dibuat sebagai aksesoris kelengkapan pada mesin jahit biasa, supaya bisa digunakan untuk membuat lubang kancing. Jadi, gimana? Jelas kan!

Alat ini bisa langsung dipasang pada tangkai sepatu mesin jahit, tanpa harus menambah atau merubah konstruksi mesin itu sendiri. Cara pemasangannya cukup mudah dan praktis.

Alat pembuat lubang kancing biasanya banyak dijual di toko-toko alat mesin jahit, dengan kisaran harga antara 150 ribu sampai dengan 250 ribu rupiah. Untuk penggunaan alat pembuat lubang kancing harus mengikuti petunjuk pemakaian yang biasanya sudah disertakan dalam kemasan saat kita membelinya.

Saya tidak menyarankan pemasangan alat pembuat lubang kancing ini pada mesin jahit besar seperti Juki, Typical, ataupun mesin-mesin jahit besar merk lain. Takutnya nanti akan berengaruh pada settingan mekanisme mesin itu sendiri. 

Saya pribadi telah menggunakan alat pembuat lubang kancing ini pada mesin hitam lama merk Singer milik saya. Pertama kali penggunaan mesin jahit saya langsung berubah setelan mekaniknya, dan terpaksa saya harus melakukan perbaikan lebih dulu. Ketika penggunaan kedua alat ini, mesin saya sudah tidak mengalami perubahan lagi, dan alat pembuat lubang kancing bisa saya gunakan dengan hasil yang lumayan baik. Memang beda jika dibandingan dengan mesin jahit khusus pembuat lubang kancing, tapi kan lumayan ga perlu repot-repot beli mesin pembuat lubang kancing yang harganya selangit.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat foto alat pembuat lubang kancing milik saya di bawah ini.

Note: Poin penting saat memasang alat pembuat lubang kancing adalah mematikan gigi penarik kain pada mesin, setel pada angka nol. Dengan kata lain, gigi penarik jangan digunakan. Karena inilah yang menjadi masalah pada mesin jahit saya pada saat pertama kali memasang dan menggunakan alat pembuat lubang kancing.

 

 

1 comment: