Wednesday, September 30, 2015

Metode menggambar pola dasar

Untuk menjadi seorang penjahit profesional, bukanlah suatu hal yang bisa dicapai dengan mudah dalam waktu yang singkat. Membutuhkan proses dan banyak praktek serta berlatih untuk bisa menjadi penjahit yang baik.
Pengetahuan tentang metode menggambar pola busana kebanyakan dianggap sepele
oleh banyak penjahit. Yang penting tahu model busana dan bisa menjahitnya menjadi pakaian, maka sudah menganggap diri sebagai penjahit yang terampil. Anggapan ini salah besar ! 

Karena, pengetahuan tentang pola busana adalah sangat krusial dalam hal ihwal penciptaan busana yang sempurna. Ibarat masakan, pola busana adalah komposisi takaran bumbu utama yang wajib ada ketika memasak. Tanpa adanya gambar pola busana, tidak akan tercipta busana itu sendiri.

Perlu kita sadari pentingnya hal ini dalam menjahit busana yang kita inginkan. Agar nantinya tidak kecewa dengan hasil akhir yang kita dapatkan. Apapun metode yang kita pakai ketika menggambar pola dasar dari suatu busana, menentukan baik tidaknya hasil akhir.

Sampai saat ini belum ada penyampaian secara detail berkenaan dengan teori dan teknik tata busana. Usahakan belajar dan memahami berbagai teori, terutama cara menggambar pola, dan terapkan sesuai dengan pemahaman kita masing-masing. Jangan hanya menjiplak atau meniru dari orang lain, tanpa ada pemahaman yang tepat yang berasal dari diri sendiri.

Semua jenis busana, atasan maupun bawahan pola-nya dibuat dari pola dasar. Dengan kata lain pola dasar menjadi landasan utama menggambar model busana yang kita inginkan. Maka dari itu, langkah awal yang harus kita ambil adalah menggambar pola dasar kita sendiri setelah secara akurat sudah melakukan pengukuran.

Berbagai bagian dari tubuh harus diukur secara akurat demi membuat pola dasar yang bagus. Itulah kenapa subjek yang diukur harus paling tidak mengenakan pakaian yang seminimal mungkin tidak mengganggu proses pengukuran. 

Persiapan yang harus dilakukan ketika melakukan pengukuran adalah menyiapkan seutas tali atau pita dengan panjang kurang lebih 1 m, dan ikatkan pada pinggang terkecil dari badan subjek. Ini sebagai panduan melakukan pengukuran. Gunakan pita ukur standar yang biasa digunakan kebanyakan penjahit, dan mulai pengukuran dari badan bagian depan. Untuk detail pengambilan ukuran untuk pola dasar wanita dewasa bisa dilihat pada artikel Membuat Pola Dasar (Busana wanita dewasa)

Sebelum mulai menggambar pola dasar perlu dipahami dulu, dengan cara berlatih agar bisa menghasilkan gambar pola dasar yang seimbang. Ingat langkah-langkah dalam menggambar garis - garis pola dengan tepat. Ini bertujuan agar Anda bisa menguasai metode menggambar pola dasar dengan baik pada berbagai macam ukuran.

Jika sudah bisa, buatlah gambar pola dasar pada kertas karton yang tebal, agar nantinya bisa kita jadikan sebagai acuan membuat pola busana yang akan kita jahit nantinya. 

No comments:

Post a Comment