Wednesday, June 12, 2013

Busana Kemeja Pria | Cara Menjahit Kemeja Pria (lanjutan)

Salam rekan sekalian,


Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua rekan - rekan yang sudah menunggu postingan lanjutan tentang cara menjahit kemeja ini, soalnya  memang baru sekarang ada kesempatan untuk update artikel. Ok, langsung aja ke TKP. Artikel  kali ini akan melanjutkan bahasan sebelumnya, yaitu cara  menjahit kemeja pria :


4. menggandeng bahu depan dengan bahu belakang dengan jahitan diputar atau dibalik. Jahitan diputar atau dibalik biasa disebut setik balik dalam istilah jahit - menjahit. namun dalam hal ini bukan menjadi suatu keharusan , karena bagi penjahit pemula mungkin belum mengetahui dan memahami bagaimana cara menjahit dengan setik balik. Jadi, untuk rekan - rekan yang masih belum bisa membuat setik balik cukup dengan jahitan biasa saja.

5. menjahit tipis keliling lingkar leher dan pundak samping (masuk 1/2 cm). Adalah jahitan di sekeliling lingkar leher sampai pundak. Untuk fungsinya saya sendiri kurang paham betul, mungkin untuk menandai batas jahitan krah. Soalnya dulu waktu kursus diajari gitu sih, saya juga lupa tanya sama instrukturnya.


6. Persiapan membuat krah dan dilanjutkan memasang pada kerung leher. Untuk tata cara membuat krah sambungan , silahkan download e-book cara menjahit krah.


7. menyetrika dan menjahit lipatan ujung lengan dengan kampuh pipih. Tujuannya untuk memudahkan kita dalam menjahit lipatan ini, dan tentunya agar hasil jahitannya lebih rapi.
8. memasang lengan pada kerung lengan dengan mengunci pada titik puncak lengan (diobras)
9. menjahit sisi depan dan belakang dari ujung lengan sampai bawah kemeja (diobras)
10. menjahit lipatan bawah kemeja dengan kampuh pipih (diobras)
11. membuat lubang kancing dan memasang kancingnya dengan jarak 7cm - 8cm - 8cm - dst
12. mensetrika kemeja yang sudah selesai



Untuk belajar materi lengkap tentang kemeja pria, silahkan beli Ebooknya lewat link berikut http://www.bukupedia.com/id/book/id-109491/tutorial-menjahit-kemeja-pria-e-book.html.

6 comments:

  1. Boleh tau cara menjahit yang sebelum lanjutan? Saya belum sempat membaca. Atau minta link aja, yg bisa saya buka. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dia link-nya

      http://kursusmenjahithazanah.blogspot.com/2013/03/busana-kemeja-pria-cara-menjahit-kemeja.html

      Delete
  2. Berapa meter kebutuhan bahan kain untuk kemeja pria lengan pendek?

    ReplyDelete
  3. antara 1 s/d 1,5 m, untuk size medium Indonesia, tergantung ukuran badan

    ReplyDelete
  4. Min tinggi ane 170cm. Berapa meter kain yang ane pake untuk kemeja lengan panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ente badannya proporsional sama tingginya 2,25 m udh cukup, kalo agak gemuk bth 2,5 m. Bisa pake 2 m aja tapi untuk kemeja junkies.
      trims.

      Delete