Monday, October 10, 2011

Ukuran dan cara mengambil ukuran


= FASHION BUSANA WANITA

Sampai saat ini belum ada penjelasan yang mendetail mengenai teknik pembuatan busana. Dalam menjahit busana sebenarnya yang terpenting adalah menemukan metode sendiri yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita dalam menjahit busana, dengan harapan memperoleh hasil yang terbaik. Semua busana berasal dari pembuatan pola yang sempurna, dan begitu juga pola yang sempurna diawali dengan pengukuran yang akurat.

Untuk menggambar pola konstruksi memerlukan berbagai macam ukuran badan. Jenis ukuran yang diperlukan serta cara mengambilnya. Yang biasanya digunakan adalah metode pola konstruksi DRESSMAKING, karena biasanya metode ini mudah dipahami oleh pemula. Pola konstruksi busanapola konstruksi dan busana nantinya bisa berhasil dengan baik. Berikut adalah cara mengambil ukuran badan wanita, kebanyakan dan hampir seluruhnya adalah ukuran dari badan wanita, kenapa ? Karena badan wanita mempunyai bagian-bagian yang sangat kompleks dan memerlukan pengukuran yang akurat agar pembuatan pakaian atau busana bisa berhasil dengan sempurna.

Ikatlah seutas tali ban (tali pita) atau ban elastik kecil melingkar pada pinggang sebagai batas badan atas dan bawah.
Cara Pengukuran :

Lingkar Leher (LL)

Caranya adalah dengan mengukur sekeliling pada batas leher, dengan meletakkan jari telunjuk di lekuk leher.

Lingkar Badan (LB)
 
Diukur pada sekeliling badan atas yang terbesar , melalui puncak dada, ketiak, dan punggung. Posisi pita ukur atau meteran pada badan belakang atau punggung harus datar dari ketiak sampai ketiak. Diukur pas dahulu, kemudian ditambah 4 cm, atau diselakan 4 jari.

Lingkar Pinggang (LP)

Diukur pas mengelilingi pinggang, kemudian ditambah 1 cm, atau diselakan 1 jari. Untuk pinggang ban rok dan slack biasanya dikurangi 1 cm.

Lingkar Panggul (LPG)

Diukur mengelilingi badan bawah terbesar , ditambah 2 cm sebelah atas puncak pantat/ bokong dengan posisi meteran datar. Diukur pas dahulu, kemudian ditambah 4 cm atau diselakan 4 jari.

Tinggi Panggul (TPG)

               Diukur dari bawah ban elastic atau tali pita dibawah pinggang, sampai di bawah ban  sentimeter di panggul.

Panjang Punggung (PPu)

Diukur dari tulang leher yang menonjol di tengah belakang lurus kebawah sampai di bawah ban elastis pada pinggang

Lebar Punggung (LPu)

Diukur 9 cm di bawah tulang leher  yang menonjol atau pertengahan jarak bahu terendah dan ketiak dari batas lengan kiri sampai lengan kanan.